Langsung ke konten utama

Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam Surat Masal


Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam Surat Masal
Berikut saya jelaskan langkah-langkah untuk membuat Surat Masal menggunakan Mail merge pada Microsoft Word 2010:
1.      Langkah pertama adalah buat template surat yang akan dibuat surat masal.
2.      Klik menu mailings pada menu bar, kemudian pilih select recipient pada group start mail  merge.
3.      Pada popup menu pilih Type New List.
4.      Kemudian akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang akan dibuat.
5.      Hapuslah data-data yang ada pada field name, kemudian diisi sesuai dengan kebuthan yang anda perlukan.
6.      Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new addresslist. Kemudian anda akan dibawa pada folder yang ber databaseyang akan menyimpan data anda , kemudian berilah nama pada data base tersebut disimpan.
7.      Kemudian bukalah folder yang dimana database yang tersimapan (biasanya datanya memiki accsess.
8.      Isilah database sesuai yang anda inginkan dan kemudian simpan.
9.      Selanjutnya buka lembar kerja Microsoft word , kemudian klik preview result untuk melihat hasilnya.
10.  Apabila anda ingin melihat surat masal dengan nama lain anda bisa menggunakan anak panah kekanan atau kekiri.

Komentar