Langsung ke konten utama

Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam Surat Masal


Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam Surat Masal
Berikut saya jelaskan langkah-langkah untuk membuat Surat Masal menggunakan Mail merge pada Microsoft Word 2010:
1.      Langkah pertama adalah buat template surat yang akan dibuat surat masal.
2.      Klik menu mailings pada menu bar, kemudian pilih select recipient pada group start mail  merge.
3.      Pada popup menu pilih Type New List.
4.      Kemudian akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang akan dibuat.
5.      Hapuslah data-data yang ada pada field name, kemudian diisi sesuai dengan kebuthan yang anda perlukan.
6.      Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new addresslist. Kemudian anda akan dibawa pada folder yang ber databaseyang akan menyimpan data anda , kemudian berilah nama pada data base tersebut disimpan.
7.      Kemudian bukalah folder yang dimana database yang tersimapan (biasanya datanya memiki accsess.
8.      Isilah database sesuai yang anda inginkan dan kemudian simpan.
9.      Selanjutnya buka lembar kerja Microsoft word , kemudian klik preview result untuk melihat hasilnya.
10.  Apabila anda ingin melihat surat masal dengan nama lain anda bisa menggunakan anak panah kekanan atau kekiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Cap, Columns, Header dan Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, Smart Art, Footnote dan Comment

Drop Cap, Columns, Header dan Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, Smart Art, Footnote dan Comment Cara membuat Drop Cap: 1.       Klik Pargraf hurup pertama yang akan dibuat Drop Cap 2.       Klik menu Insert, kemudian grup Text, lalu klik Drop Cap 3.       Pilih posisi yang diingkan dalam Drop cap 4.       Untuk mengubah atau mengedit Drop Cap: ·          pilih Drop Cap yang ingin diubah ·          Klik tab Insert Grup Text klik Drop cap kemudian Drop Cap Options, pilih Font untuk mengubah tipe Font, Lines to Drop untuk mengaturt baris Drop cap, Distance from Text untuk mengatur jarak Drop Cap dengan teks dalam paragraf, kemudian klik ok apabila sudah selesai 5.       Untuk menghapus format Drop Cap ·          P...

Teknik dan Panduan Membuat Kutipan dengan Citation dan Daftar Pustaka dengan Biblioghraphy

Teknik dan Panduan Membuat Kutipan dengan Citation dan Daftar Pustaka dengan Biblioghraphy Cara membuat Kutipan dengan Citation daftar Pustakan dengan Biblioghraphy pada Microsoft Word 2010: 1.       Langkah awal adalah Tab reference , group citation dan Bibliography. 2.       Pada group tersebut terdapat beberapa tool: ·         Style Citation dan Bibliography (untuk mengatur format penulisan kutipan dan daftar pustaka) ·         Insert Citation (berfungsi untuk memasukkan dan membuat kutipan yang ada pada MIcrosoft Word ) ·          Manage Sources (untuk mengatur kutipan dan daftar pustka dan daftar pustaka yang sudah dibuat) ·          Bibliography(untuk membuat daftar pustaka) 3.       Berikutnya tentukan model atau style penulisan kutipan pada “style” 4.   ...

Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi Menu Microsoft excel

Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi Menu Microsoft excel Title Bar yakni judul file  Toolbar yakni bagian yang berisikan tool (alat)untuk bekerja pada microsoft excel 2010.  Menu Bar yakni bagian yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool,seperti File Home, Insert, Page Layout, Formulas, data, Review, dan View. Name Box (nama sel aktif) yakni tempat kerja untuk mengetahui  sel yang sedang aktif. Formula Bar yakni bagian untuk menampilakn rumus yangn digunakan  Nama Baris yang terdiri dari sususan angka , 1-1.048.576 Nama Kolom Terdiri dari susunan huruf sebanyak, 1.048.567 Sheet Aktif yakni untuk menunjukkan sheet yang sedang aktif.  Zoom yakni untuk memperbesar dan memmperkecil tampilan lembar kerja. Scroll yakni untuk menggulung layar secara vertikal dan horizontal.